Rabu, 19 September 2018

Komunikasi Produktif hari ke 14

Percakapan saya dan qiyya pagi ini ketika memasak. Saya (S) dan Qiyya (Q)

S: "Qiyya, ibuk mau ambil daun jeruk sama serai di depan, Qiyya tunggu disini atau ikut.."

Q: "Itut."

S: "Oke.."

Beberapa saat kemudian..

S: "Ibuk dah selesai, masuk yuk.."

Q: "Emoh.."

S: "Yaudah, Qiyya main di luar dulu. Kalau mau masuk bilang yaa.." (Qiyya main di luar rumah tapi masih di dalam gerbang, sambil saya sesekali menengok keluar. Pintu depan saya tutup karena kucing suka masuk. Saya melanjutkan masak di dapur ).

Q: "Mau macuk.." (bilang mau masuk setelah beberapa saat bermain sendiri)

S: "Yuk sini..ibuk bukakan pintu.."

Q: "Dadah mium..becok yagi." (Dadah meong, besok lagi).

Alhamdulillah..ibuk bisa masak tanpa tangisan Qiyya dan  Qiyya senang bisa main di luar. Kuncinya, komunikasi yg produktif dengan anak. Pahami dia maunya apa dan sampaikan apa yang kita mau dengan kalimat yang mudah dipahami dan intonasi yang lembut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar